Zippo adalah merek korek api gas "tahan angin" asal Amerika yang mulai dijual dipasaran sejak tahun 1930-an. Merek dagang Zippo menjadi salah satu ikon kualitas kerajinan Amerika. Bahkan saking terkenalnya, dalam percakapan diantara para perokok tidak jarang mereka menyebutkan korek api lainnya dengan istilah Zippo, padahal belum tentu merek yang dimaksud adalah Zippo. Inilah keunikan dari Zippo dengan slogan sejak dahulu kala "Windroof Lighter".
Pabrik Zippo didirikan pada akhir tahun 1932 oleh George G Blaisdell. Produk pertama mulai diluncurkan sekitar bulan Januari dan Februari 1933. Produk mula-mula di Zippo/Case Visitor Center dengan catatan kecil tulisan tangan Mr. Blaisdell. Inovasi inovasi dari Zippo sudah dimulai sejak awal berdirinya.
.
Nama Zippo sendiri berasal dari kata Zipper ( retsleting ) yang diplesetkan menjadi Zippo. Zippo pertama didunia ini dijual seharga US$ 1.95 dan dijual untuk umum.
Ketika Zippo pertama kali dikeluarkan, bentuknya memang sudah segi empat, tapi bentuk sudut sudutnya benar-benar segi empat kotak. Sedangkan kini, hampir semuanya, sedikit melengkung pada pinggirnya. Bagian luarnya dibuat dari tabung braso kuat yang dilapisi cat atau dilapisi krom.
Sementara engsel antara bagian tabung atas dan tabung bagian bawah ada dibagian luar.
Letak engsel berpindah kebagian dalam, pada tahun 1936. Dan setiap tahun dekorasi serta perkembangan terjadi disana-sini. Tahun 1935 merupakan titik penting bagi pemasaran Zippo saat diluncurkan suatu iklan khusus untuk produk Zippo. Pada tahun 1939, lapisan luar Zippo yang mengandung emas 14 karat diperkenalkan kepada publik.
.
Pada Perang Dunia II Zippo menjadi korek api resmi tentara Amerika, dimana korek api ini terkenal sangat kuat dan berguna untuk segala medan tempur.
Pada saat perang itu, Zippo dapat digunakan untuk memasak ransum tentara yang diletakkan di helm, menyalakan api unggun, sebagai sekring untuk memicu bahan peledak, memalu paku, dan bahkan isyarat kepada sesama tentara dengan klik Zippo yang terkenal. Pada beberapa kesempatan. Zippo yang ringan dikemeja atau disaku celana bahkan menyelamatkan nyawa dengan membelokkan peluru.
.
Para kolektor Zippo pun bermunculan diseluruh dunia. Hal ini akibat dari ketertarikannya pada setiap seri yang keluar. Tuntutan pasar tersebutpun mendorong orang-orang untuk membuka toko menjual barang yang satu ini. Belum lagi kalau ada beberapa merek besar produk lainnya yang menjadikan Zippo sebagai salah satu pelengkap aksesoriesnya. Ini terjadi misalnya pada Harley Davidson dan Marlboro. Karena adanya kerjasama, maka mereka bebas meletakkan logo perusahaan masing-masing di bagian permukaan yang terlihat jelas dengan mata.
.
***************
Tidak ada komentar:
Posting Komentar